oleh

Kegunaan Telaah Literatur Dalam Penelitian Kualitatif

Telaah Literatur dalam suatu usulan penelitian digunakan untuk mengidentifikasi hasil-hasil studi/penelitian terdahulu yang relevan dengan aspek yang akan diteliti baik hasil/temuan yang telah ditemukan ataupun yang belum ditemukan terkait dengan fenomena atau situasi khusus yang akan diteliti.

Telaah Literatur merupakan langkah lanjutan setelah dirumuskannya masalah dan pertanyaan suatu usulan dalam penelitian. Pada saat Melakukan telaah literatur yaitu untuk mencari sumber referensi yang relevan tentang informasi atau data yang telah diketahui dan yang belum diketahui dari aspek atau fenomena yang akan diteliti.

Dalam kegiatan telaah literatur Ini bukan sekedar meramu dari berbagai pendapat para peneliti terdahulu atau membuat simpulan dari berbagai hasil penelitian terdahulu, akan tetapi kegiatan telaah literatur ini merupakan kegiatan penting yang perlu dilakukan peneliti untuk dapat membantu peneliti mengidentifikasi aspek-aspek yang telah diketahui dan belum diketahui dari aspek yang diteliti, membantu menentukan metodologi penelitian yang akan digunakan, dan membantu dalam memutuskan perlu tidaknya melakukan replikasi penelitian.

Tidak seperti para peneliti kuantitatif pada umumnya para peneliti kualitatif tidak menyusun telaah literatur untuk alasan melatarbelakangi studi yang dilakukannya atau sebagai kerangka konseptual Dan kerangka teori studi tersebut, berbeda dengan studi kuantitatif telaah literatur pada studi kualitatif pada umumnya disusun setelah data-data penelitian dihasilkan atau tidak pada tahap penyusunan proposal penelitian.

Baca Juga5 Kemampuan Dan Kompetensi Wajib Dimiliki Untuk Menjadi Peneliti Kualitatif

Ada beberapa kegunaan dari telaah literatur dalam penelitian kualitatif, kegunaan tersebut antara lain:

Merangsang kepekaan teoretik

Walaupun telaah literatur dalam penelitian kualitatif kurang memiliki kegunaan penting untuk melatarbelakangi Penelitian yang dilakukan, telaah literatur setidaknya dapat merangsang kepekaan teoritik penelitian, yaitu untuk mengenali hal-hal penting pada data yang akan dihasilkan dan memaknainya.

Kepekaan teoretis yang dimiliki peneliti akan memperlancar perumusan teori yang tepat dengan realitas fenomena yang diteliti dengan membaca dan menelaah hasil hasil studi terdahulu kepekaan teoritis peneliti terhadap teori Sasi subjek apa yang harus ditemukan untuk diteliti menjadi lebih baik. Dengan kepekaan teoritis yang lebih baik peneliti dapat merencanakan dan menyusun daftar wawancara yang lebih signifikan Untuk ditanyakan kepada partisipan.

Memberi nilai tambah kesahihan hasil penelitian

Kegunaan lainnya dari telaah literatur yang relevan dalam penelitian kualitatif yaitu mengabsahkan dan ketepatan hasil hasil temuan penelitian yang dilakukan, terutama pada penelitian kualitatif yang bertujuan menguji keabsahan suatu teori (studi grounded Theory).

Dengan menalaah literatur-literatur yang ada peneliti dapat memberi penjelasan tentang berbagai alasan tentang adanya perbedaan dan persamaan teori atau konsep yang merupakan hasil temuan penelitian yang dilakukan dengan teori atau konsep yang sudah ada pada literatur literatur terdahulu.

Merencanakan naskah skrip wawancara

Mempelajari atau Melakukan telaah literatur yang ada juga memiliki kegunaan untuk peneliti dalam rangka menyusun naskah/daftar pertanyaan yang akan diajukan kepada para partisipan. daftar pertanyaan ini berfungsi sebagai acuan awal dan untuk meyakinkan subjek tentang tujuan penelitian yang sedang dilakukan.

Selanjutnya, naskah wawancara yang telah disusun sebelumnya dapat berkembang menjadi lebih banyak selama proses pengambilan data penelitian sesuai dengan situasi dan kondisi yang terjadi pada area Tempat penelitian tersebut dilakukan.

Penggunaan telaah literatur dalam beberapa pendekatan kualitatif

Pada penelitian fenomenologi telaah dan penulisan literatur sebaiknya digunakan setelah dilakukan pengumpulan dan analisis data yang ditemukan hal tersebut bertujuan agar informasi dari literatur yang ada tidak memengaruhi tujuan penelitian dan berbagai ide dan konsep yang dimiliki peneliti.

Sama halnya dengan penelitian fenomenologi pada penelitian teori kritik sosial penggunaan literatur juga untuk membandingkan dan menyatukan hasil hasil temuan dari Penelitian yang dilakukan dengan hasil-hasil temuan dari literatur literatur terdahulu yang hasil akhirnya untuk menentukan pengetahuan terbaru tentang suatu kondisi sosial yang sedang terjadi.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ekpose Update