oleh

Jawaban Dan Rasional Soal Latihan Keperawatan Medikal Bedah Nomor 7 Ukom Ners

Berikut ini adalah jawaban dan rasional dari soal-soal latihan ujian kompetensi ners. Pembahasan ini di titik fokus kan pada materi tentang keperawatan medikal bedah (KMB).

Jawaban dari soal seorang klien masuk ke rumah sakit dengan keluhan nyeri dada dan riwayat diabetes melitus tipe 2 direncanakan tindakan kateterisasi jantung. Tindakan pengobatan manakah yang harus dihentikan sejak 24 jam sebelum sampai 48 jam Setelah tindakan tersebut?

Jawabannya adalah pada poin D. Metformin

Rasional dari jawaban ini yaitu pemberian Metformin perlu dihentikan sejak 24 jam sebelum sampai dengan 48 jam Setelah kateterisasi jantung karena injeksi kontrak selama tindakan. kontras akan mempengaruhi fungsi ginjal, dengan adanya substansi Metformin akan meningkatkan risiko asidosis laktat. Sedangkan sisa pilihan jawaban lain tidak mengindikasikan penghentian pemberian 24 jam sebelum sampai dengan 48 jam Setelah prosedur kateterisasi jantung.

Strategi dalam mengerjakan soal ini yaitu singkirkan glipizide, repaglinide, dan furosemide karena sifat obat-obat ini mirip. Meskipun dapat dihentikan pemberiannya pada pagi Sebelum pelaksanaan sebagaimana instruksi puasa/nothing peroral menjelang prosedur. Insulin regular dapat diberikan jika terjadi peningkatan kadar gula darah sebagai akibat pemberian cairan intravena pada hari pelaksanaan katerisasi.

review untuk soal ini yaitu prosedur sebelum dan sesudah pelaksanaan katerisasi jantung kompetensi asuhan dan manajemen asuhan keperawatan dalam domain pengetahuan prosedur sedangkan keilmuan keperawatan medikal bedah KMB.

proses keperawatan yaitu perencanaan dengan upaya kesehatan kuratif Sedangkan kebutuhan dasar aman dan nyaman dalam sistem tubuh jantung, pembuluh darah dan sistem limfatik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment

Ekpose Update