oleh

Contoh Soal Latihan Keperawatan Medikal Bedah (KMB) Uji Kompetensi Ners Bagian 2

Berikut ini adalah kumpulan soal-soal latihan untuk uji kompetensi ners Indonesia di mana dalam soal ini difokuskan pada materi keperawatan medikal bedah (KMB)

Selain contoh soal di sini juga akan dibahas mengenai jawaban dan rasional untuk soal-soal tersebut.

6. Seorang klien mengkonsumsi isoniazid selama satu setengah bulan. Klien mengeluh kan kepada perawat adanya sensasi mati rasa, parastesis, dan kesemutan pada ekstremitas. Perawat dapat menginterpretasikan bahwa klien telah mengalami masalah yang mana?

A. Hiperkalsemia

B. Neuritis perifer

C. Spasme pembuluh darah kecil

D. Gangguan sirkulasi perifer

E. Nyeri sendi


7. Seorang klien masuk ke rumah sakit dengan keluhan nyeri dada dan riwayat diabetes melitus tipe 2 direncanakan tindakan kateterisasi jantung tindakan pengobatan manakah yang harus dihentikan sejak 24 jam sebelum sampai 48 jam Setelah tindakan tersebut?

A. Insulin regular

B. Glipizide

C. Repaglinide

D. Metformin

E. Furosemide


8. Klien yang menjalani pembedahan jantung 24 jam sebelumnya, mengalami luaran urine terukur 20 mL/ jam selama 2 jam. Klien mendapatkan dosis tunggal 500 mL cairan intravena. Luar urine selama 1 jam terakhir 25mL. Hasil pemeriksaan laboratorium harian menunjukkan kadar urea nitrogen dalam darah (BUN) 45 mg/dL dan kadar serum Kreatinin 2,2 mg/dL. Berdasarkan temuan-temuan ini, risiko manakah yang perlu diwaspadai oleh perawat?

A. Hipovolemia

B. Gagal ginjal akut

C. Glomerulonefritis

D. Infeksi saluran kemih

E. Hiperkalsemia


9. Perawat memperhatikan monitor jantung seorang klien dan mengetahui adanya perubahan mendadak pada Irama jantung. Gelombang P hilang, dan kompleks QRS melebar, dan irama ventrikuler teratur namun melebihi 140 bpm. Gangguan Irama jantung manakah yang dialami klien?

A. Sinus takikardi

B. Ventrikel fibrilasi

C. Ventricular takikardia

D. Kontraksi ventricular premature (PVC)

E. Sinus bradikardi


10. Seorang klien dengan atrial fibrilasi menerima pemberian infus heparin berkelanjutan dengan dosis 1000 unit/jam. Sebagai perawat harus mengetahui bahwa pemberian ini berdasarkan pada hasil pemeriksaan laboratorium yang mana?

A. Waktu protrombin 12,5 detik

B. Waktu activated partial thromboplastin 60 detik

C. Waktu activated partial thromboplastin 28 detik

D. Waktu activated partial thromboplastin lebih dari 120 detik

E. Waktu activated partial thromboplastin 30 detik


 

Ekpose Update