oleh

Cara Penambahan Nutrisi Hidroponik Dengan Sistem NFT

Ekpose.com – Bercocok Tanam dengan Sistem Hidroponik menjadi salah satu hobi yang bisa dikerjakan dimana saja. Hidroponik ini banyak yang mengembangkannya bagi yang hidup di perkotaan, bahkan saat ini sudah merambah ke pedesaan yang notabene memiliki lahan yang luas mereka dapat dengan mudah menyalurkan hobi bertanam hidroponik ini.

Bagi anda yang ingin mencoba untuk bertanam hidroponik sebagai salah satu kegiatan menyalurkan hobi, silahkan memulai dari sekarang juga. Karena saat ini, bertanam dengan cara hidroponik sudah bisa dilakukan dengan lebih mudah karena seiring dengan perkembangan teknologi dan jaman, sudah banyak penghobi hidroponik yang mengupload hasil karyanya ke media sosial. Hal tersebut bisa di manfaatkan bagi pemula untuk belajar dan mendapatkan inspirasi dari postingan mereka.

Apakah anda sudah pernah bercocok tanam dengan cara hidroponik menggunakan sistem NFT di rumah? Jika sudah pernah, bagaimana teknik penambahan nutrisi yang anda lakukan pada sistem nft hidroponik?

Nah, Pembahasan kali ini yaitu tentang Cara penambahan nutrisi hidroponik dengan sistem nft. Bagi anda yang sudah mencoba bertanam hidroponik dengan sistem nft di pekarangan rumah, anda sebaiknya memiliki cara atau teknik yang efektif untuk menambahkan nutrisinya. Perlu di ketahui bahwa nutrisi hidroponik merupakan salah satu komponen utama yang dibutuhkan tanaman hidroponik yang kita tanam.

Karena Nutrisi sangat penting bagi pertumbuhan tanaman hidroponik untuk itu kita harus mempersiapkan segala keperluan nutrisi dengan baik supaya nantinya pertumbuhan tanaman juga menjadi baik. Apabila tanaman tumbuh dengan baik, maka kita sendiri yang akan dipuaskan dengan hasil jerih payah kita tersebut. Nah, untuk Cara penambahan nutrisi hidroponik dengan sistem nft, berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda tiru untuk dipraktekan di kebun Hidroponik anda.

Cara yang pertama ini bisa dikatakan dengan teknik menandai. Silahkan tandai volume nutrisi yang sudah kita sediakan pada tandon sebelum berkurang lebih dari 1/3 dari volume awal. Apabila larutan nutrisi yang ada di tandon nutrisi sudah mulai berkurang minimal 1/3 dari volume awal atau lebih, maka segera tambahkan larutan nutrisi lagi pada sistem nft. Larutan nutrisi pada sistem nft akan berkurang sesuai dengan pertumbuhan tanaman. Hal ini karena tanaman akan menyerap larutan nutrisi lebih banyak sesuai dengan perkembangannya.

Cara yang kedua yaitu dengan cara melebihkan volume nutrisi dari volume tandon sesungguhnya. Yaitu dengan cara menyediakan dua tandon yang digunakan untuk menyimpan larutan nutrisi. pisahkan tendon yang satu dengan yang kedua, tendon ke satu dipasangkan pada sistem yang berjalan sedangkan tendon yang kedua hanya berfungsi sebagai penyimpan larutan nutrisi untuk menambah larutan nutrisi kedalam sistem nft yang mulai berkurang. Dengan cara ini, lebih hemat waktu karena tinggal memindahkan larutan nutrisi yang sudah disediakan di tandon tanpa harus melarutkan nutrisi lagi. Dengan cara ini kita harus menyediakan minimal satu tandon lagi sebagai wadah larutan nutrisi cadangan.

Itulah dua Cara penambahan nutrisi hidroponik dengan sistem nft yang bisa di praktekan untuk menambahkan nutrisi pada sistem nft. Sebenarnya masih banyak sistem nft yang bisa di gunakan untuk bertanam sayuran dengan cara Hidroponik. Sebagai tambahan Sistem nft ini cocok digunakan untuk menanam jenis sayuran daun seperti sayuran kangkung, selada, bayam, sawi dan lain-lain.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment

Ekpose Update