oleh

5 Kemampuan Dan Kompetensi Wajib Dimiliki Untuk Menjadi Peneliti Kualitatif

Seorang peneliti Kualitatif adalah instrumen atau alat utama untuk menghasilkan temuan penelitiannya Oleh sebab itu kesuksesan data atau hasil penelitian sangat bergantung pada kemampuan atau keterampilan penting untuk menyediakan informasi dan menginterprestasikannya.

Latar belakang dan pengetahuan yang dimiliki peneliti merupakan salah satu faktor penentu dari kualitas data penelitian (kebenaran dan kepercayaan data) yang dihasilkan. Untuk menjadi seorang peneliti kualitatif diperlukan berbagai persyaratan kemampuan khusus diantaranya peneliti Kualitatif adalah seorang yang memiliki kemampuan sebagai seorang ilmuwan yang akan menghasilkan suatu produk pengetahuan.

Peneliti berkontribusi menghasilkan produk pengetahuan yang sistematis, mengumpulkan, mentransformasi, dan menginterpretasi data yang dihasilkan.

Seorang Peneliti kualitatif juga harus bisa menghasilkan data melalui tulisannya membentuk suatu cerita yang dapat dinikmati dan mudah dipahami oleh para pembacanya tanpa harus menghasilkan cerita yang dikarang atau dibuat-buat yang bukan berasal dari data.

Berbagai kemampuan dan kompetensi khusus lainnya juga perlu dimiliki oleh seorang peneliti kualitatif dalam menganalisis hasil-hasil temuannya. Seorang peneliti Kualitatif adalah seorang penentu data. Melalui keterampilan menulis kreatifnya, ketekunan, kesabaran, dan kebijaksanaan yang dimiliki peneliti kualitatif merupakan modal utamanya untuk memperoleh kepercayaan para partisipan nya.

Berikut berbagai kemampuan dan kompetensi wajib dimiliki untuk menjadi peneliti kualitatif.

Pertama kemampuan mengenali pola-pola informasi/data awal dari penelitian yang dilakukan yang belum membentuk pola atau belum saling berhubungan satu sama lainnya. Untuk dapat memiliki kemampuan membaca suatu pola data tersebut, peneliti kualitatif harus memiliki kemampuan konseptual yang optimal tentang fenomena yang diteliti Secara luas dan fleksibel.

Yang kedua kemampuan melakukan perencanaan dan penyusunan sistem terhadap data yang ditemukan. Dengan kemampuan ini, peneliti akan mampu mengorganisasikan dan mengidentifikasi pola pola yang sudah dikenali sebelumnya untuk dijadikan suatu sistem yang dapat digunakan untuk pengamatan selanjutnya atau untuk pedoman peneliti selanjutnya.

Ketiga kemampuan mengenali berbagai informasi informasi penting dari data yang ditemukan untuk memberinya makna, dan mengkonseptualisasikan nya ke dalam fenomena yang diteliti.

Keempat kemampuan mengenali sebab-sebab ganda (multiple causality) dari variasi kategori yang ditemukan dan variasi waktu sejalan dengan waktu penemuan dan konseptualisasi ke dalam sistem hubungan antar kategori yang ditemukan tersebut.

Kelima kemampuan memiliki sikap empati dan memiliki kemampuan membina hubungan sosial dengan orang lain kedua kemampuan ini kemudian diintegrasikan nya untuk memperoleh data penelitian yang benar-benar menggambarkan fenomena yang diteliti tanpa asumsi asumsi peneliti sendiri.

Itu tadi 5 kemampuan dan kompetensi wajib yang harus dimiliki oleh seorang peneliti kualitatif selain dari 5 hal tersebut seorang peneliti juga harus mempunyai karakter penting yang seharusnya dimiliki yaitu menjadi seorang pendengar yang baik, tidak mudah menghakimi, Ramah, terbuka dan jujur serta fleksibel.

Untuk itu seorang peneliti pemula perlu secara terus-menerus berlatih dan mendisiplinkan diri secara kontinyu untuk dapat menjadi peneliti kualitatif yang handal dan profesional Apakah anda sudah memiliki salah satu dari lima hal tersebut atau bahkan sudah memiliki kemampuan tersebut itu artinya Anda sudah siap untuk menjadi seorang peneliti kualitatif.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment

Ekpose Update